Kilasan Umum

Di awal dekade tahun 90-an Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar serta Pemerintah Kabupaten Gowa mengundang masuknya investor untuk bersama-sama membangun dan mengembangan kawasan Tanjung Bunga sebagai tourism development center (TDC). Kolaborasi pemerintah dengan swasta ini diwujudkan melalui pendirian perusahaan konsorsium yang dikenal dengan nama PT Gowa Makassar Tourism Development Corporation (PT GMTDC).

Seiring dengan perjalanan waktu, pada tanggal 9 Nopember 2000 perusahaan secara resmi telah menjadi Perusahaan Terbuka dengan nama PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (PT GMTD Tbk) setelah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM). Pencatatan saham perdana (listing) PT GMTD Tbk dilaksanakan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada tanggal 11 Desember 2000.

Komposisi saham perusahaan setelah menjadi Perusahaan Terbuka adalah sebagai berikut :

 Pemegang Saham

%

Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan
Pemerintah Kota Makassar
Pemerintah Kabupaten Gowa
Yayasan Pembangunan Sulawesi Selatan
PT Makassar Permata Sulawesi
Masyarakat

13,00
6,50
6,50
6,50
32,50
35,00

Tercatatnya perusahaan sebagai Perusahaan Terbuka ini adalah merupakan catatan penting dalam sejarah perkembangan dunia usaha di Sulawesi Selatan serta Kawasan Timur Indonesia pada umumnya. PT GMTD Tbk telah mencatatkan dirinya sebagai perusahaan pertama yang berdomisili di Kota Makassar yang menjadi Perusahaan Terbuka.Sedangkan bagi PT GMTD Tbk, dengan telah go public tersebut berarti akan memberi peluang bisnis yang lebih luas serta semakin memperkuat posisi perusahaan di dalam era persaingan pasar bebas.

Keberhasilan membangun dan mengembangkan kawasan Tanjung Bunga menjadi sebuah Kota Mandiri yang telah terlihat pada saat ini adalah buah dari dedikasi dan sikap profesionalisme dari pihak manajemen dalam pengelolaan perusahaan. Selain itu keberhasilan ini pun diraih karena ditopang oleh adanya kepercayaan dari masyarakat, pemegang saham, investor serta pemerintah daerah.